2 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Format PDF

2 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Format PDF

Jika Anda sedang mencari informasi tentang cara membuat tanda tangan digital dalam format PDF, maka artikel ini adalah tempat yang tepat. Karena penjelasan ini akan dijelaskan secara detail menggunakan dua langkah. Yang pertama adalah menggunakan bantuan aplikasi. Sedangkan cara kedua adalah dengan memanfaatkan situs yang menawarkan fitur signature ini.

Bacaan Lainnya

 

Menggunakan Adobe Acrobat Reader

 

Adobe adalah pengembang dengan sejarah panjang dalam membantu semua jenis pengguna. Salah satunya adalah kemudahan saat melampirkan tanda tangan digital. Aplikasi ini bernama Adobe Acrobat Reader dan ukurannya hanya 45 MB. Berikut langkah-langkah membuat tanda tangan digital PDF:

 

  1. Temukan dokumen PDF

 

Setelah mengunduh aplikasi, cukup buka dari smartphone atau laptop Anda. Pada tampilan awal ini, pengguna harus menemukan dokumen yang ingin ditandatangani secara digital. Caranya adalah dengan memilih menu File yang terletak di sisi kiri atas layar. Setelah itu, klik Buka atau tekan Ctrl+O untuk membuka folder. Pilih saja filenya.

 

  1. Pilih Menu Fill & Sign

 

Jika Anda telah menemukan dan membuka file PDF di lembar kerja, Anda dapat melanjutkan ke metode selanjutnya. Lihatlah bilah alat di sebelah kanan. Setelah itu, cari menu “Isi dan Tanda Tangan”. Atau untuk langkah cepat, pengguna dapat menekan Shift+F4 pada keyboard. Kemudian klik pada opsi Masuk. Untuk mulai membuatnya, tekan Tambah Tanda Tangan.

 

  1. Pilih Opsi Tanda Tangan

 

Saat memberikan tanda tangan digital di aplikasi ini, disediakan tiga opsi. Pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Opsi berikut tersedia di Adobe Acrobat Reader:

 

  • Ketik: Tulis nama terlebih dahulu, lalu tandatangani. Namun opsi ini dianggap kurang ideal

 

  • Draw: Pengguna dapat menggambar tanda tangan langsung menggunakan mouse atau touchpad

 

  • Gambar: Menambahkan gambar tanda tangan yang telah dibuat sebelumnya

 

  1. Masukkan tanda tangan ke dalam dokumen

 

Jika Anda sudah membuatnya, tanda tangan dapat dimasukkan ke dalam file PDF secara instan. Taruh di mana saja Anda inginkan. Pengguna dapat menyesuaikan ukuran agar terlihat lebih serasi. Jangan lupa simpan dengan cara pilih filenya, lalu pilih Save.

 

Gunakan situs web Sejda

 

Selain menggunakan aplikasi, cara membuat tanda tangan digital dalam format PDF juga bisa dilakukan di website Sejda. Pengguna tidak perlu memindai dokumen karena dapat ditambahkan secara langsung. Tampilan yang diberikan juga sederhana sehingga mudah diakses. Berikut langkah-langkahnya:

 

  1. Buka situs web Sejda dan tambahkan file

 

Buka browser di perangkat Anda dan ketik sejda.com/id/sign-pdf di kotak pencarian. Pada tampilan yang diberikan, Anda dapat langsung menambahkan dokumen PDF yang akan ditandatangani. Jika file tidak dalam format PDF, pengguna juga dapat mengonversinya di situs ini.

 

  1. Tanda tangan

 

Untuk mulai membuat tanda tangan, tekan menu bernama Masuk. Setelah itu, buat tanda tangan baru dengan memilihnya. Pengguna kemudian dapat memilih salah satu dari tiga metode:

 

  • Ketik: Tulis nama, lalu pilih surat untuk ditandatangani

 

  • Draw: Gambar tanda tangan Anda dengan mouse atau trackpad

 

  • Gambar: unggah foto tanda tangan yang telah disiapkan

 

  1. Tambahkan tanda tangan ke dokumen

 

Jika tanda tangan digital berhasil dibuat, tekan menu tarik-turun Tanda Tangan untuk menambahkannya ke dokumen. Pilih Tanda Tangan dan gulir untuk menemukan tanda tangan. Klik pada lokasi itu dan ubah ukurannya.

 

Demikian penjelasan lengkap tentang cara membuat tanda tangan digital dengan format PDF. Kedua langkah ini sangat mudah untuk dicoba. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan Adobe Acrobat Reader atau mengunjungi situs web Sejda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *