Cara Reset Router IndiHome Dengan Mudah

Cara Reset Router IndiHome Dengan Mudah

Bacaan Lainnya

 

Anda sudah mencari tutorial cara reset router indihome? Ini adalah panduan lengkapnya untuk Anda!

 

  1. Pertama, perlu Anda ketahui IP Address router IndiHome Anda. IP defaultnya adalah 192.168.1.1, dan Username & Password defaultnya adalah admin.

 

  1. Selanjutnya, Anda buka browser di PC atau laptop Anda, lalu ketikkan IP Address router IndiHome yang sudah Anda ketahui tadi di kolom URL (baris alamat). Kemudian tekan Enter.

 

  1. Akan muncul halaman login router IndiHome, silakan Anda masukkan Username & Password defaultnya, yaitu admin untuk kedua-duanya.

 

  1. Setelah berhasil login, maka akan muncul halaman utama dashboard router IndiHome, disinilah tempat Anda bisa melakukan reset router dengan mudah!

 

  1. Untuk melakukannya, silakan masuk ke menu “Pengaturan” > “Umum” > “Reset”, lalu tekan tombol “Reset Router Anda Sekarang”.

 

  1. Akan muncul peringatan, silakan Anda centang kotak “Saya mengerti dan siap untuk reset router saya”, kemudian tekan tombol “Ya, Reset Sekarang!”.

 

  1. Selesai! Anda telah berhasil mereset router IndiHome dengan mudah!

 

Apa itu IndiHome

 

IndiHome adalah layanan televisi berinternet, telepon, dan Wi-Fi yang ditawarkan oleh Telkom. Layanan ini sangat populer di Indonesia karena menawarkan harga yang terjangkau serta kecepatan yang tinggi.

IndiHome dapat menawarkan sebuah paket lengkap yang terdiri dari televisi berinternet, telepon, dan Wi-Fi. Telkom biasanya menawarkan paket IndiHome kepada pelanggan yang tertarik untuk menggunakan salah satu atau semua layanan tersebut.

 

Cara Reset Router IndiHome

 

Terkadang, router IndiHome bisa mengalami masalah sehingga tidak dapat terkoneksi ke Internet. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Anda bisa melakukan reset router untuk mengatasinya. Reset router adalah proses pengaturan ulang router sehingga router akan kembali ke kondisi defaultnya. Dengan melakukan reset, maka semua pengaturan yang telah Anda lakukan sebelumnya akan hilang, seperti nama pengguna dan sandi WiFi. Jadi, pastikan Anda mencatat semua pengaturan sebelum melakukan reset. Berikut adalah cara untuk mereset router IndiHome:

 

  1. Matikan router dengan menekan tombol power di sampingnya.
  2. Tunggu beberapa saat hingga lampu indikator di router mati completely.3 Setelah itu, tekan dan tahan tombol RESET di sampingnya (tombol ini berwarna merah muda) selama 10-15 detik dengan menggunakan pensil atau jarum.4
  3. Set elah selesai menekan tombol RESET, nyalakan kembali router dengan cara menekan tombol power.
  4. Tunggu beberapa saat hingga lampu indikator router menyala semua.
  5. Router IndiHome Anda sekarang sudah direset dan siap untuk digunakan kembali.

 

Agar Wi-Fi Terlihat Publik

 

Pertama, buka halaman web admin router Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan halaman ini dengan mengetikkan “192.168.1.1” atau “192.168.0.1” pada kolom alamat browser Anda.

 

Kedua, login ke halaman admin dengan menggunakan username dan password default router Anda. Jika Anda belum pernah merubahnya sebelumnya, cobalah untuk mencari di internet atau di buku panduan router untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang username dan password defaultnya.

 

Ketiga, setelah berhasil login, cari opsi yang bertuliskan “Wireless”, “Wi-Fi”, atau yang sejenisnya (tergantung router yang digunakan). Dalam opsi ini, pastikan untuk mengaktifkan SSID Broadcast agar SSID router dapat terlihat publik oleh perangkat Wi-Fi lain di lingkungan Anda.

 

Anda Belum Memasang VPN?

 

Masalah yang Anda alami mungkin akibat Anda belum menginstal VPN pada perangkat Anda. Tidak dapat mengakses internet bukanlah masalah yang besar, manfaatkan saja moment ini untuk melakukan instalasi VPN.

 

Setelah Anda berhasil menginstal dan mengaktifkan VPN, periksa kembali apakah layanan IndiHome telah aktif atau tidak. Jika tidak, cobalah untuk mereset router Anda dengan cara yang telah kami sebutkan sebelumnya.

 

Cobalah Proxies OpenVPN atau NordVPN

 

Sebagai salah satu rangkaian langkah yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan keamanan jaringan IndiHome, cobalah untuk menggunakan proxies OpenVPN atau NordVPN. Jika tidak tahu bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

  1. Unduh dan instal aplikasi OpenVPN atau NordVPN pada perangkat Anda.
  2. buka aplikasi dan masuk ke dalam account3. pilih server yang Anda inginkan4. klik connect5. sekarang Anda sudah dapat menggunakan proxy OpenVPN atau NordVPN untuk melindungi jaringan IndiHome Anda dari serangan-serangan

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *