Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer

Bacaan Lainnya

 

spesifikasi komputer merupakan hal yang sulit untuk dibagi-bagi, di samping itu sulit untuk mengetahui metakn seperti memori. Berikut ini cara mengecek spesifikasi komputer:

  1. Tekan tombol “Windows + R” pada keyboard, lalu ketik CMD.
  2. Pada jendela yang muncul, ketikkan “systeminfo” (tanpa tanda petik) lalu enter.
  3. Pada bagian Processor, akan ditampilkan merk dan tipe processor serta kecepatannya.
  4. Selanjutnya pada bagian System Model, akan ditampilkan informasi mengenai model komputer yang Anda gunakan
  5. Setelah itu masuklah ke Control Panel > System and Security > System.
  6. Di bagian kiri layar akan tampak spesifikasi lengkap dari komputer Anda termasuk versi Windows yang digunakan, sistem operasi, RAM, prosesor, dan lain sebagainya.

 

Definisi Komputer

 

Sesuai dengan perkembangan zaman, definisi komputer juga dapat diartikan sebagai sebuah alat yang dapat melakukan berbagai macam fungsi seperti menghitung, mencatat, dan mendeteksi suara.”

 

Cara Mengecek Spesifikasi Komputer

 

Untuk mengetahui spesifikasi komputer, pertama-tama Anda perlu melihat bagian bawah komputer untuk mendapatkan informasi tentang sistem operasi yang terpasang. Kemudian buka Control Panel dan pilih System. Di jendela System Information, Anda akan melihat seluruh informasi yang Anda butuhkan tentang spesifikasi komputer Anda.

 

Cara Mengidentifikasi Spesifikasi Windows

 

Jika Anda ingin mengetahui spesifikasi Windows yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan beberapa cara. Pengaturan Sistem akan memberi Anda informasi detail tentang versi dan edisi Windows, sementara Perangkat Lunak Siap Pakai akan memberikan informasi lebih umum seperti mana yang mendukung fitur tertentu. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui spesifikasi komputer adalah dengan menginstal aplikasi gratis seperti CPU-Z atau Speccy.

 

Pengaturan Sistem

Ketika Anda membuka Pengaturan Sistem, klik pada bagian “Sistem” di bawah “Ubah apa yang dapat dilakukan”. Di halaman baru ini, perhatikan “Informasi Umum” di sebelah kiri. Ini akan memberitahu Anda segala hal mulai dari nama PC hingga processor dan RAM yang tersedia. Untuk versi dan edisi Windows, lihat “Penyesuaian Sistem” di bagian bawah halaman ini untuk melihat

 

Cara Membandingkan PC

 

Cara membandingkan PC sama seperti membandingkan laptop. Yang perlu dilihat adalah prosesor, RAM, dan kapasitas penyimpanan. Prosesor merupakan bagian terpenting dari sebuah PC, jadi Pastikan untuk memeriksa spesifikasi prosesor sebelum membandingkannya dengan produk lain.

Untuk membandingkan RAM, cukup periksa apakah komputer yang Anda bandingkan menggunakan DDR3 atau DDR4. Ini akan membantu Anda menentukan mana yang lebih unggul. Anda juga harus memeriksa kapasitas penyimpanannya untuk mengetahui seberapa banyak data yang dapat disimpan di PC.

 

Konklusi

 

ketika anda membeli sebuah komputer, selalu ada spesifikasi komputer yang perlu anda ketahui. Jadi, bagaimana cara mengetahui spesifikasi komputer?

 

pertama, spesifikasi komputer terletak di bagian belakang casing komputer. Anda akan melihat seperti prosesor yang digunakan, jumlah RAM, dan ukuran hard drive. Kedua, untuk Windows PC, anda bisa menemukan spesifikasi dengan masuk ke Control Panel -> System. Di sana anda akan melihat informasi tentang sistem operasi yang sedang berjalan, prosesor, dan RAM. Untuk Mac, anda bisa masuk ke Sistem Informasi di Utilities. Di sana anda akan melihat informasi tentang model komputer, processor, dan RAM. Ketiga, jika anda ingin tahu lebih detail tentang spesifikasi hardware dari sebuah komputer tertentu (misalnya VGA card atau sound card), maka anda perlu masuk ke BIOS setup. Caranya berbeda-beda untuk setiap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *